Seminar Nasional APMMI II : “Regional Competitiveness, Creative Economy and Enterpreneurship”

Sebagai salah satu negara yang sedang berkembang, Indonesia giat membangun di segala bidang untuk mewujudkan harapan menjadi negara maju, sejahtera dan kreatif. Pembangunan nasional menekankan pada peningkatan daya saing bangsa melalui peningkatan daya saing regional, percepatan pertumbuhan industri maupun investasi. Hal ini pada akhirnya akan menuntut pengembangan kemampuan individu untuk kreatif dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya, masyarakat, industri, daerah dan bangsa.

Munculnya individu-individu yang memiliki semangat, inovatif, kreatif dan mandiri atau lebih tepatnya yang memiliki jiwa kewirausahaan merupakan sebuah keharusan untuk menopang pembangunan nasional. Ekonomi kreatif yang mencakup industri kreatif di Indonesia berkembang dan memberikan sumbangan yang signifikan terhadap GDP, penyerapan tenaga kerja, jumlah perusahaan dan perdagangan luar negeri.

Industri/ekonomi kreatif diyakini memiliki peranan penting untuk meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja serta mewujudkan inklusi sosial, keragaman budaya dan pengembangan sumber daya manusia. Industri/ekonomi kreatif telah dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan ekonomi sehingga dianggap sebagai sektor industri yang penting dan strategis. Oleh karena itu, pengembangan potensi pada industri/ekonomi kreatif ini menjadi terobosan untuk meningkatkan pembangunan daerah dan nasional. Melalui ekonomi kreatif diharapkan akan dapat mengatasi permasalahan pengangguran, kemiskinan dan rendahnya daya saing industri.

Program Studi Magister Manajemen UNRAM bekerjasama dengan Asosiasi Program Magister Manajemen Indonesia (APMMI) terdorong untuk menyelenggarakan seminar nasional dengan tema yang sangat relevan dengan kondisi nasional sebagaimana diuraikan di atas. Adapun tema utama seminar tersebut adalah: “Regional Competitiveness, Creative Economy and Entrepreneurship”. Diharapkan dari kegiatan ini dapat bermunculan pemikiran-pemikiran terbaru dari para akademisi dan praktisi sebagai konstribusi mereka untuk ikut serta dalam mewujudkan impian menjadi bangsa yang maju, berdaya saing, sejahtera dan kreatif. Dengan diangkatnya tema ini, selain ditujukan untuk mempererat tali silahtuhrahmi, diharapkan pula agar para akademisi dan praktisi merasa terpanggil untuk memberikan andil atau sumbangsih pemikiran dan pengalaman dalam upaya peningkatan daya saing regional, ekonomi kreatif dan enterpreneurship.

Seminar Nasional tersebut menghadirkan Dr.Ir. Max H. Pohan, CES, MA (Deputi BAPPENAS) sebagai Keynote Speaker dengan tema Regional Economy in Transition: Searching for New Sources of Competitiveness dan para pembicara utama yang terdiri dari Dr.Ir. Arief Daryanto, M.Ec (Ketua APMMI/Direktur MB-IPB) yang menyampaikan materi dengan topik Sustainable Regional Competitiveness and The Role of Business, Bapak Anton J. Supit (Ketua APINDO dan Pengurus KPPOD) menyampaikan makalah dengan tema Daya Saing Regional, Sistem Logistik Nasional, dan Kewirausahaan, serta Dr. Prayitno Basuki (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Mataram/Tenaga Ahli Regional Bappenas-GIZ RED NTB) yang menyampaikan materi dengan topik Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Green Economy. Acara berlangsung di Hotel Lombok Raya, Mataram – Lombok pada tanggal 28 – 30 Oktober 2013. Acara tersebut dihadiri oleh 128 orang peserta seminar yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, yang terdiri dari 101 orang peserta dari Program MM/MAB Anggota APMMI dan 27 orang peserta lainnya berasal dari Program MM/MAB non Anggota APMMI.

Pada penyajian makalah, terkumpul sebanyak 47 judul makalah yang dipresentasikan pada kesempatan seminar nasional APMMI II tersebut. Secara umum, seluruh makalah terkait dengan tema utama seminar yang dibagi menjadi beberapa sub tema sebagai berikut : regional competitiveness, creative economy, dan entrepreneurship, serta corresponding topics dalam bidang manajemen. Prosiding Seminar Nasional APMMI II dapat diunduh dalam bentuk PDF di situs Pascasarjana UNRAM.

Dokumentasi foto terdiri dari Munas dan Acara Pembukaan, Acara Seminar, serta Acara Penutupan.

This entry was posted in Berita, Galery Foto, Management Conference, Publikasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *